Kamis, 15 Januari 2015

ISTIQOMAH dan Jangan Berhenti!

Ini fenomena orang-orang yang berinteraksi dengan Al-Qur'an. Tantangannya di ranah:  ISTIQOMAH. Entah itu dari yang tilawah, atau tahsin, atau tahfizh.

Pada awalnya, banyak yang pengeeen bisa hafal Qur'an. Banyaaak yang iri liat orang lain yang bisa hafal Qur'an. Tapi dirinya baru sebatas pengen. Sedangkan latihan istiqomahnya perlu lebih dari sekedar pengen. Perlu ada effort lebih. Luruskan lagi niatnya.

Kita sama-sama cek lagi yuk. Apa kapasitas cinta kita sama Allah, lewat pembuktian interaksi kita dengan qur'an yang merupakan kalamNya Yang Mulia sudah cukup mampu membuat kita memprioritaskannya di atas segala cinta yang lain? Mengalahkan rasa enggan, mengalahkan rasa malas, mengalahkan rasa sibuk dengan pekerjaan, dan mengalahkan diri kita sepenuhnya?

Waktu itu, kenapa saya sampai terinspirasi buat program Huffazh Online yang setoran hafalannya satu baris aja per hari, awalnya karena saya tertampar-tampar dengan ceramahnya ustadz Yusuf Mansur di kajian rutin bulanan di masjid Istiqlal. Saat itu semua peserta yang hadir ditantang lanjutkan ayat yang beliau baca secara acak. Awal-awalnya baca surat-surat di juz 30 yang sudah sangat familiar. Dan saat pertanyaan berlanjut ke surat-surat di juz lain, semua yang hadir terdiam ga bisa melanjutkan dan saling tertawa satu sama lain karena tidak bisa melanjutkan.

Saat itu ustadz YM mengatakan begini, "Nah,  kira-kira apa nih yang bikin sodara-sodara semua ga bisa lagi lanjutin pertanyaan ayat yang saya kasih? Terus kenapa sodara-sodara awalnya bisa jawab pertanyaan saya di surat-surat pendek? Kenapa? Kenapa sodara bisa hafal surat-surat pendek dan ga bisa hafal surat-surat yang agak panjangan laennya? Jawabannya cuman satu! Karena sodara-sodara BERHENTI menghafalnya. Merasa sudah cukup dengan yang sudah ada. Nah kalo aja sodara ga berhenti, dari pas sodara kecil sampe sodara sekarang di usianya masing-masing, sehari istiqomahin aja nambah ga usah banyak-banyak, SATU BARIS aja, nah 25 tahun sodara udah jadi hafizh qur'an itu. MasyaAllah. Tapi sayangnya sodara-sodara BERHENTI. Makanya sekarang udah usia 30, 40, 50 dan seterusnya,  masih begini-begini aja. Coba kalo 25 tahun yang lalu sodara tergerak,  ceritanya ga bakal kayak sekarang..."

Nah… itu lah yang buat saya pengen banget bantu temen-temen semua buat mencapai itu. Ga banyak yang bisa dilakukan mungkin.. Saya cuman mau bantu kontrol terima setoran hafalan yang satu hari satu baris itu. Supaya di 25 tahun ke depan, penyesalannya ga usah ada. :) ga ada rugi dong satu hari satu baris itu mudah. Cuma istiqomahnya aja yang perlu ditambah.

Di akhir acara kajian yang saya ikutin itu,  ustadz Yusuf Mansur ngegedor lagi hati para hadirin: "Saya mau ngajak semua hadirin di sini,  yuk kita sama-sama tekadin rame-rame. 25 tahun lagi,  saya harus jadi hafizh qur'an. Mulai hari ini saya akan nambah hafalan qur'an saya 1 hari satu baris. Saya ga mau berhenti lagi ya Allah. Saya nyesel melewatkan hari-hari saya tanpa kemajuan semakin mendekat sama Engkau lewat ayat-ayat Qur'an ini ya Allah. Semoga lewat usaha ini,  Engkau akan ridha sama kami, ridha ngasih berkah buat kami, keluarga kami,  negri ini, umat islam keseluruhan dan akhirat kami nanti ya Allah. Bantuin dan temenin saya biar istiqomah ya."

Saya nangiiis aja pas ikutan acara kajian itu. Ayolah. Saya dan temen-temen yang tergabung di Huffazh Online ini sudah sangat siap memfasilitasi setoran istiqomahnya. Yang siap gabung buat bikin hidup yang lebih baik bersama Al-Qur'an, ayo deh gabung! Semoga jadi saham surga-nya kita.. Tapi syarat utamanya ini perhatiin ya: ISTIQOMAH dan JANGAN BERHENTI!

:)

Join us! @HuffazhOnline
More info:
Twitter @HuffazhOnline
Whatsapp 082111016017
BBM 7CC0979C
Blog menghafalalquranyuk.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar